Download

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.(Ali Imran 190-191)

Selasa, 25 Desember 2012

PENGETAHUAN DASAR ILMU UKUR TANAH UNTUK MEMBUAT GARIS LURUS DI LAPANGAN

Pengetahuan dasar ilmu ukur tanah untuk menentukan garis lurus maka harus ditentukan terlebih dahulu titik – titik di lapangan. Garis lurus tersebut menghubungkan dua titik ujung dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga garis lurus itu kelihatan dengan jelas. Titik- titik tersebut dinyatakan dengan yalon dan tiap – tiap bagian garis yang terletak antara yalon dianggap lurus. Sebagai syarat utama untuk mencapai tingkat ketelitian yang cukup besar maka tiap – tiap yalon harus terletak tegak lurus. Untuk itu, selalu diupayakan untuk semua yalon diletakkan dengan tegak lurus.  Jarak antara kedua titik di lapangan dikatakan lurus apabila jarak yang diukur tersebut panjangnya tidak melebihi dari 3,5 m. Karena apabila jaraknya melebihi 3,5 m sangat dipengaruhi adanya faktor dari kelengkungan bumi. Namun bila dalam pengukuran tidak dituntut adanya faktor keakuratan, maka pengaruh dari kelengkungan bumi tersebut dapat diabaikan. Beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam membuat garis lurus antara dua titik di lapangan, yaitu :


1.   Perhatikan dengan baik lokasi dimana kita akan melakukan pengukuran,
2.   Perhatikan dengan seksama langkah – langkah kerjanya,
3.   Mengincar yalon pada posisi ( kanan dan kiri ),
4.   Menancapkan yalon harus posisinya tegak lurus,
5. Pasangan dari yalon-yalon tersebut harus tepat sesuai titik – titik yang telah ditentukan.
Di dalam pengetahuan dasar ilmu ukur tanah dalam menggunakan alat ukur sederhana untuk dapat membuat garis lurus di lapangan dengan benar, maka ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu yalon, patok dan palu kayu, meteran, data board, serta alat tulis. Untuk lebih jelas dalam memahami pengetahuan pengetahuan dasar ilmu ukur tanah untuk membuat garis lurus di lapangan bisa di lihat pada gambar di bawah ini
 
Gambar pemasangan yalon untuk membuat garis lurus di lapangan

Tahapan kerja dari gambar tersebut di atas untuk membuat garis lurus dilapangan adalah sebagai berikut :
1.   Tancapkan dua buah yalon di lapangan , misalnya yalon P dan yalon Q.
2.  Orang pertama berdiri di belakang yalon titik P sejauh x cm ( ± 30 cm ) ke arah titik Q dan memberi perintah pada orang kedua.
3.  Orang kedua memegang yalon dengan ibu jari dan jari telunjuk, mengikuti petunjuk orang pertama sehingga yalon A segaris lurus dengan P dan Q.
4.  Orang kedua menancapkan yalon A setegak mungkin dengan titik yang sudah didapat.
5. Orang pertama mengincar kembali posisi yalon, sehingga benar – benar tampak yalon PAQ berimpit.
6.   Demikian dilakukan seperti di atas pada yalon B, C dan seterusnya.
7.  Bila pekerjaan selesai, maka titik – titik P, A, B, C,…, Q tampak seperti satu yalon, karena lurus sekali. 
8. Selanjutnya dilakukan pengukuran beserta gambar hasil pengukuran di lapangan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Posts