Download

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.(Ali Imran 190-191)

Minggu, 23 Oktober 2011

Pencapaian Dasar Kompetensi Keahlian Dan Kompetensi Dasar

Struktur Kurikulum pendidikan di tingkat menengah khususnya pada tingkat SMK terdiri dari mata pelajaran NORMATIF, ADAFTIF dan PRODUKTIF. Program Studi Keahlian Teknik Bangunan, untuk MATA DIKLAT PRODUKTIF yang harus ditempuh oleh siswa dan siswi Teknik Bangunan yaitu terdiri dari Dasar Kompetensi Keahlian (DKK) dan Kompetensi Keahlian (KK). Pada MATA DIKLAT PRODUKTIF ini terdiri dari beberapa Sub Kopetensi yang
mendukung kepada keahlian (life skill) siswa dan siswi tersebut. Oleh karena itu di dalam MATA DIKLAT PRODUKTIF ini siswa dan siswi perlu kesungguhan di dalam proses pembelajarannya, karena Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) yang harus dimiliki oleh siswa dan siswi tersebut minimal adalan nilai 75. Seandainya nilai siswa dan siswi tersebut terdapat nilai yang kurang dari Kriteria Kelulusan Minimal (KKM)  dikategorikan tidak lulus atau tidak naik kelas. Walaupun di dalam nilai mata Diklat Normatif dan Adaftif nilainya memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal (KKM). Out put yang diharapkan dari MATA DIKLAT PRODUKTIF ini siswa dan siswi kelak memahami  dan mampu merancang (design) minimal untuk Bangunan Sederhana dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Bahkan  didalam merancang (design) ini disamping menggambar manual juga dituntut siswa dan siswi tersebut mampu menggambar dengan program AUTOCAD. AUTOCAD ini merupakan tuntutan dan kebutuhan jaman sekarang  di dunia industri dan bagi para arsitek-arsitek, maka di dalam MATA DIKLAT PRODUKTIF ini siswa dan siswi diberikan ilmu untuk Dasar Kompetensi Keahlian (DKK) dan Kompetensi Keahlian (KK). Dasar Kompetensi keahlian (DKK) ini merupakan materi yang penting bagi para arsitek dimana teori-teori dasar ini merupakan pegangan pengetahuan (body of konowledge) di dalam masalah bangunan menyangkut tentang dasar menggambar dan mekanika tekniknya (kekuatan). Sedangkan Kompetensi Keahlian merupakan penjabarannya (action plan) dalam menguasai dan mampu merancang (design) gambar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Posts